Batuk Pilek Ser Penyakit Balita

June 11, 2008

Batuk dan Pilek Ser Penyakit Balita

Waspadai penyakit batuk pilek pada balita anda

Batuk pilek adalah infeksi saluran pernafasan atas yang sering terjadi, dan bukan merupakan keadaan fatal bila tidak ada komplikasi infeksi.

Hampir semua orang pernah mengalami batuk pilek (apalagi balita), hingga beberapa kali setiap tahunnya. Serangan batuk pilek pada orang sehat biasanya dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam beberapa hari (3 – 6 hari),

Batuk pilek sangat menular dan bisa ditularkan lewat batuk, bersin, dan tangan yang tidak dicuci setelah kontak dengan cairan hidung dan mulut.

Gejala Batuk Pilek 1. Demam ringan 2. Sakit kepala 3. Batuk kering 4. Hidung tersumbat, bersin 5. Badan pegal – pegal 6. Mata berair

Penyebab Batuk Pilek Batuk pilek terutama disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan bagian atas oleh virus demam yang terdiri dari bermacam – macam jenis virus.

Komplikasi Batuk Pilek 1. Penyebab infeksi virus kerongga telinga tengah, pita suara (laryngitis), rongga tulang muka (sinusitis), atau saluran pernafasan bagian bawah (bronkhitis). 2. Infeksi saluran sekunder

Pengobatan Batuk Pilek di rumah 1. Penderita batuk pilek harus banyak istirahat. Jangan berolahraga. 2. Penderita batuk pilek harus banyak minum. 3. Sewaktu membersihkan rongga hidung, mulut penderita batuk pilek supaya dibuka untuk mencegah cairan hidung masuk kembali ke rongga sinus dan telinga tengah. 4. Beri penderita batuk pilek uap air hangat (dari air panas dalam mangkok) untuk dihisap. Hal ini berguna untuk membasahi saluran nafas dan mencairkan cairan hidung agar lebih mudah dikeluarkan. Apabila masih sukar pada air panas dapat ditambahkan sesendok teh balsam atau minyak angin untuk melonggarkan hidung yang tersumbat serta melonggarkan jalan nafas 5. Untuk mengurangi batuk dapat diberiakn obat batuk golongan bebas (lingkaran hijau) atau obat bebas terbatas (lingkaran biru) yang banyak dijual di took atau supermarket.

Tips : Jika batuk kering gunakan obat pereda batuk, sedang untuk batuk basah (berdahak) gunakan ekspektoran (obat pelancar dahak).

Jika gejala batuk pilek tidak berkurang dalam waktu lebih dari 5 hari atau bila terjadi komplikasi segera periksa ke dokter.

Sumber : /id.articlecillin.com

Sukses Menjadi Konsultan Kesehatan Bersama Nyoman Maulana Seorang Leader Melilea Konsultan Call: 021-98712280
Bisnis Organik Konsultasi Kesehatan Tips Hidup Sehat Melilea

http://melilea-organik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: